Tidak Hanya Menikmati Wisata Tapi Juga Belajar di Penangkaran Penyu

Batu Hiu tidak sekedar menyajikan panorama pantai yang mempesona untuk dilihat oleh orang banyak khususnya target wisata yaitu para turis. Di sana traveler pun bisa melihat penyu-penyu di tempat penangkaran yang ada. Batu Hiu merupakan suatu pantai berbukit yang menghadap ke arah laut. Dapat ditempuh selama durasi waktu 45 menit dari Batu Karas. Akses amat mudah jika kita mau kembali ke Pangandaran dari obyek Batu Karas. Batu Hiu punya view lepas ke Samudera Hindia yang berwarna biru dengan ombaknya yang beringas, menjadikan pantai ini ada larangan tuk bermain air dan renang bagi semua wisatawan.

Di atas bukit tidak sedikit ada pohon pandan wong jadi peneduh di saat matahari bersinar terik, rumput hijau pun tertata dengan rapih, di tepi tebingnya ada tempat nyantai sembari menikmati kecantikan yang ditawarkan pantai itu. Di bukit kecil yang ditanam pandan wong tersebutlah tempat yang cukup pas tuk menikmati pantai Batu Hiu. Yang menarik, tuk naik ke atas bukit, kita melintasi “gerbang” bukit berbentuk terowongan kecil yang bentuknya mirip dengan biota laut, ikan hiu. Jadi, seolah-olah kita memasuki mulut ikan hiu. Kira-kira 200 meter dari pinggir pantai ada seonggok batu karang yang persis ikan hiu, karena itulah kawasan ini dinamai Batu Hiu. Terletak tidak jauh dari pintu masuk Pantai Batu Hiu, kira-kira 20 meter jalan ke arah barat kita menemukan satu tempat penangkaran penyu yang dimanage oleh Kelompok Pelestari Biota Laut Batu Hiu.

Penangkaran penyu ini merupakan salah satu objek pariwisata edukasi yang bisa memberikan pengetahuan pada kita atas jenis-jenis penyu dan seluruh hal tentang penyu. Selain itu disini kita pun sebagai para turis (pelancong) bisa mengelus-elus maupun menggendong penyu itu untuk merasakan pengalaman baru tidak hanya sekedar melihatnya saja. Jika sedang beruntung di bulan-bulan tertentu kita bisa melepaskan tukik ke lautan maupun melihat penyu yang datang ke pantai tuk bertelur. Saya disini amat terkesan oleh Asep (kalo tak salah namanya, saya lupa hehe) yang selama berpuluh tahun telah mendedikasikan hidupnya demi melestarikan penyu di sekitar pantai Pangandaran ini. Berdasarkan penuturan beliau, penyu sekarang sudah amat terancam ekosistemnya akibat ulah dari ‘tangan’ manusia. Beruntung sekali ada orang-orang semisal beliau yang masih aktif sampai masa tuanya tuk melestarikan penyu.

2 thoughts on “Tidak Hanya Menikmati Wisata Tapi Juga Belajar di Penangkaran Penyu”

  1. It’s appropriate time to make a few plans for the longer term and it’s time to be happy. I have learn this put up and if I may just I desire to suggest you some attention-grabbing things or advice. Perhaps you could write next articles regarding this article. I want to learn even more things approximately it!

    travel ini
    biro wisata
    wisata pulau harapan
    https://pulauseribu.xyz/wisata-pulau-pramuka-kepulauan-seribu-dki-jakarta/
    jual timbangan gantung
    http://www.timbangandigital.co.id/timbangan-duduk.html
    agen timbangan lantai DIGITAL
    toko timbangan digital
    jual timbangan laundry
    timbangan lab
    agen timbangan meja

Leave a Reply

Your email address will not be published.